Home » , , » China Coba Sistem Baru Sensor Internet

China Coba Sistem Baru Sensor Internet

Written By Unknown on Sunday, June 2, 2013 | 8:08:00 AM




Metrotvnews.com, Beijing: China tengah mencoba metode sensor internet yang lebih halus menjelang peringatan 24 tahun tragedi Lapangan Tiananmen. Hal itu disampaikan sebuah organisasi yang memantau pemblokiran laman di Negeri Tirai Bambu itu.

Di masa lalu, pencarian untuk kata kunci yang berkaitan dengan kejadian pada 4 Juni 1989 akan memunculkan sebuah pesan eksplisit: "Berdasar undang-undang, aturan dan kebijakan yang relevan, pencarian untuk (kata kunci yang diblokir) tidak bisa dimunculkan."

Namun GreatFire.org mengatakan, menjelang peringatan tragedi Tiananmen, pencarian kata kunci tertentu seperti "insiden 4 Juni" akan memunculkan pesan "hasil pencarian dipilih dengan hati-hati", meskipun laman terkait tetap saja tidak bisa dibuka sepenuhnya.

Organisasi itu mengatakan langkah tersebut merupakan contoh sebuah penyensoran terburuk karena pengguna diperdaya sehingga meyakini bahwa kata kunci itu bukanlah topik yang sensitif.

Tentara China membunuh ratusan demonstran dalam aksi pro-demokrasi di Beijing, namun GreatFire.org mengatakan bahwa pencarian untuk "insiden Tiananmen" akan memunculkan tautan terkait peristiwa di lapangan itu pada 1976 yang sama sekali tidak berhubungan dengan insiden Tiananmen.

Organisasi tersebut mengatakan, perubahan itu tidak dilakukan secara konsisten dan menunjukkan bahwa pihak berwenang tengah melakukan uji coba untuk mengembangkan sistem kontrol mereka.

Internet di China dibersihkan dari laman-laman yang sensitif secara politik dan Beijing memantau ketat ratusan juta pengguna untuk mencegah perselisihan paham yang terorganisir. Twitter, YouTube dan Facebook dilarang di negara itu. Sistem sensor dalam talian tersebut dijuluki "Great Firewall", yang mengkombinasikan kata "Great Wall (Tembok Besar China)" dan istilah komputer "firewall".(Ant)




Back to Top
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS