Home » , , , , , » SPESIAL: Pemain-Pemain Internasional Oranje Keturunan Indonesia

SPESIAL: Pemain-Pemain Internasional Oranje Keturunan Indonesia

Written By Unknown on Sunday, June 2, 2013 | 5:24:00 PM

Sedikitnya terdapat 10 pemain berdarah Indonesia yang pernah memperkuat timnas Belanda.




Ikatan historis yang kental antara Indonesia dan Belanda bisa tercermin dari para pesepakbolanya. Hal tersebut terlihat dari banyaknya pemain di Eropa yang memiliki darah Indonesia. Kebanyakan dari mereka mencicipi kompetisi sepakbola di Belanda di berbagai rentang divisi. 

Beberapa nama di antaranya bahkan sanggup menembus tim nasional Belanda dan tampil di ajang-ajang bergengsi seperti Piala Dunia dan Piala Eropa. Mulai dari Giovanni van Bronckhorst hingga Robin van Persie, semuanya diyakini memiliki garis keturunan Indonesia.

GOAL.com Indonesia merangkum beberapa pemain Oranje yang di dalam tubuhnya mengalir darah Indonesia. Mari berimajinasi seandainya nama-nama di bawah ini bergabung menjadi satu tim untuk memperkuat Tim Garuda. 


GIOVANNI VAN BRONCKHORST





"Tentu saja, itu kan negara asal kakek dan nenek. Jelas saya berminat kembali ke tempat akar saya." Itulah kalimat yang pernah dikatakan Giovanni van Bronckhorst, mantan kapten timnas Belanda yang kini telah gantung sepatu. Gio, panggilan Van Bronckhorst, merupakan salah satu pemain Belanda yang mengaku terbuka memiliki keturunan Indonesia, tepatnya di Maluku 

Eks pemain Feyenoord dan Barcelona ini lahir di Rotterdam 38 tahun yang lalu dari pasangan orang tua Victor van Bronckhorst, yang blasteran Indonesia-Belanda, dan Fransien Sapulette, yang asli Saparua, Maluku. Mantan bek kiri yang fasih berposisi di gelandang bertahan ini masih bisa berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia dengan aksen Indonesia Timur. 

Selama membela timnas sejak 1996, ia sudah memiliki caps 106 plus enam gol. Ia pensiun usai mengapteni Oranje di Piala Dunia 2010 di mana ia mencetak gol indah di babak semi-final melawan Uruguay.  


 JOHN HEITINGA




Pemain lain yang mengakui dirinya punya hubungan darah dengan Indonesia adalah John Heitinga. Bek Everton ini pernah berujar, "Ayah saya benar berasal dari Indonesia. Dan lahir di Jakarta." Hubungan bek Belanda ber-caps 85 ini dengan Indonesia ternyata berawal dari kakeknya, Gijsbert Johannes Heitinga, yang berasal dari Belitung. 

Di akhir tahun 1950-an, keluarga besar Heitinga hijrah ke Belanda akhir. "Kami enam bersaudara semuanya laki-laki. Empat lahir di Jakarta dan dua di Belanda. Kami pindah ke Belanda tahun 1959," kata kakeknya. Bek berusia 29 tahun itu pun tak sabar untuk bisa berada di negara kelahiran kakek dan ayahnya pada 7 Juni mendatang ketika timnas Belanda akan bertanding menghadapi Indonesia.


MARK VAN BOMMEL



Meski belum terbukti, Mark van Bommel dipercaya memiliki garis keturunan Indonesia dari ibunya yang berasal dari Maluku. Gelandang bertahan ini pernah berkarier di Spanyol (Barcelona), Jerman (Bayern Munich), Italia (AC Milan), sebelum akhirnya pensiun di klub yang membesarkan namanya, PSV Eindhoven, di akhir musim ini.

Karier terakhirnya di timnas Belanda adalah di Euro 2012 ketika ia ditunjuk pelatih Oranjeyang juga mertuanya, Bert van Marwijk, menjadi kapten. Sayang di bawah kepemimpinannya, Belanda harus tersisih dini di fase grup. Sejak debutnya pada 2000 silam, ia sanggup tampil sebanyak 79 kali membela timnas. 


NIGEL DE JONG



Nigel de Jong termasuk salah satu pemain Belanda yang memiliki keturunan Indonesia Gelandang bertahan yang terkenal keras ini memiliki garis keturunan dari ibunya yang berasal dari Ambon, Maluku. Sementara ayahnya merupakan orang Suriname. Meski demikian, De Jong mengaku tidak mengetahui sedikitpun mengenai bahasa daerah ibunya.

De Jong sendiri lahir di Amsterdam pada 10 September 1984 dan pernah membela Ajax, Hamburg, Manchester City sebelum akhirnya berkarier di AC Milan hingga saat ini. Ia mampu membawa timnas Belanda ke final Piala Dunia 2010 di Afsel di mana salah satu momen terkenalnya adalah ketika mengangkat kaki tepat ke dada gelandang Spanyol Xabi Alonso. 


ROBIN VAN PERSIE



Jika ada pesohor sepakbola Eropa yang keturunan Indonesia, mungkin dialah Robin van Persie. Striker Manchester United yang baru saja meraih sepatu emas di Liga Primer Inggris ini disebut-sebut memiliki darah Indonesia dari neneknya yang berasal dari Surabaya. 

Selain itu, bomber kelahiran Rotterdam 29 tahun silam ini juga memiliki darah Suriname dan Antilles, sebuah wilayah Kepulauan Karibia yang merupakan bekas jajahan Belanda. Hingga saat ini, ia sudah mengoleksi 34 gol dari 74 penampilannya bersama timnas. Terpaut enam gol dari pencetak gol terbanyak Oranje Patrick Kluivert.


DEMY DE ZEEUW



Salah satu pemain timnas Belanda yang punya keturunan Indonesia adalah Demy de Zeeuw. Pemain berusia 30 tahun ini memiliki darah Maluku dari ibunya. De Zeeuw saat ini bermain di Anderlecht sebagai pemain pinjaman dari Spartak Moscow.

Sejak tahun 2007, De Zeeuw mulai kerap dipanggil ke timnas karena tampil gemilang sebagai gelandang bertahan di AZ Alkmaar dan juga di Ajax Amsterdam. Sayang, kini ia sudah jarang masuk ke skuat timnas dan baru memiliki 27 caps


DENNY LANDZAAT



Seperti pemain lain yang telah disebutkan di atas, Denny Landzaat menjadi pemain kesekian yang memiliki garis keturunan dari Maluku. Landzaat memiliki ibu berdarah Maluku dari keluarga besar 14 anak, sedangkan ayahnya berasal dari Belanda. 

Meski sudah gantung sepatu, pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini sudah banyak tampil di Eredivisie Belanda dengan memperkuat Willem II, AZ, hingga Feyenoord, dan akhirnya pensiun di FC Twente pernah mencicipi karier di Wigan Athetic. Caps-nya bersama Oranje mencapai 38 kali dengan torehan satu gol. 


 ROY MAKAAY



Rudolphus 'Roy' Makaay menjadi salah satu pemain keturunan Indonesia yang sanggup menjadi pencetak gol tercepat sepanjang sejarah Liga Champions. Makaay mencatatkan hal tersebut di detik ke-10 saat Bayern Munich membobol gawang Real Madrid pada tahun 2007.

Ibu Makaay adalah orang asli Maluku. Pemain yang pensiun pada tahun 2010 ini memang memiliki rekor ciamik di klub, 526 penampilan dengan torehan 256 gol, bersama tim seperti Bayern, Deportivo La Coruna, hingga Feyenoord. Namun, torehan tersebut sedikit berbeda di level timnas di mana ia 'hanya' sanggup mencetak enam gol dari 43 caps.


WILFRED BOUMA



Garis keturunan Indonesia Wilfred Bouma masih menjadi perdebatan. Ada yang menyebut Bouma keturunan Suriname, namun ada pula yang menyebut ia keturunan Maluku. Jetro Willems, salah satu rekannya di PSV Eindhoven sempat berujar, "Wilfred tidak ada keturunan Indonesia. Dia ada darah Antilla dan Suriname." 

Selain di PSV, ia juga pernah lima tahun bermain di Aston Villa. Karier timnas pemain berusia 34 tahun ini mandek di Euro 2012 dengan pencapaian 37 caps dan dua gol. Sayang, nasib Bouma saat ini masih berstatus tanpa klub setelah PSV melepasnya di akhir musim 2012/13. 


EZRA WALIAN



Ezra Walian adalah pemain masa depan timnas Belanda yang memiliki darah Manado. Ia masih berusia 15 tahun dan sudah mampu membela timnas U-16 Belanda. Berposisi sebagai penyerang, ia kini sedang fokus membangun karier profesionalnya bersama Ajax Amsterdam.

"Dengan darah Indonesia yang saya miliki, saya selalu merasa dekat dengan Indonesia," ujarnya. Ezra memiliki ayah bernama Glenn Walian tang merupakan keturunan Indonesia. Sementara almarhumah ibunya merupakan orang asli Belanda. Setiap sukses mencetak gol, Ezra selalu mempersembahkan gol kepada sang ibu yang telah tiada. 





[goal.com]


Back to Top
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS